Friday, November 23, 2012

Ziarah Pemakaman Baqi

Jamaah Haji Al Manar Rancaekek melaksanakan program pertama di Madinah yaitu Ziarah Makam Nabi dan Pemakaman Baqi. Letak Pemakaman Baqi di sebelah kiri hotel Andalus, tempat Jamaah Haji Al Manar Tinggal. Pemakaman Baqi berhadapan dengan pintu Jibril atau pintu nomor 41 tempat keluar Jamaah Haji Laki-laki keluar setelah ziarah makam nabi.
Pada hari Senin Pagi 19 November 2012, jamaah Haji KBIH Al Manar Rancaekek berkumpul di depan hotel Andalus.  Berencana melaksanakan ziarah makam nabi dan pemakaman Baqi berjalan kaki. Setelah berkumpul, Pembimbing mengumpulkan jamaah di depan Tugu Jam, terletak di depan Hotel andalus, untuk memberikan pengarahan awal dan berphoto bersama.
Kemudian, Jamaah haji berjalan bersama-sama melewati pelataran masjid Nabawi dari sebelah kiri. Jarak antara hotel dengan pemakaman baqi tidak terlalu jauh. Sehingga 15 menit, jamaah haji sudah berada di samping kubah hijau atau makam nabi, berhadapan dengan pemakaman baqi.
Pembimbing menjelaskan tentang tata cara ziarah nabi dan Pemakaman baqi. Dilengkapi dengan sejarah madinah dan pemakaman baqi. Tepat pukul 07.00, ibu-ibu jamaah haji Al Manar masuk ke masjid untuk melaksanakan shalat di Raudhah. Raudhah dibuka untuk jamaah haji perempuan tiga kali yaitu pagi dari jam 07.00 – 11.00, kemudian siang bada dhuhur sampai jam 14.30, dan malam hari bada isya sampai jam 11.00.
Ziarah pemakaman baqi khusus untuk jamaah haji laki-laki. Jamaah Al Manar masuk ke dalam pemakaman nabi untuk mendoakan yang telah meninggal, sambil melihat kuburan Utsman bin Affan yang dikubur di baqi.
Acara ziarah makam nabi dan pemakaman baqi tidak bisa pulang bersama-sama, karena jamaah haji Ibu-ibu masih berada di masjid Nabawi sedang menunggu giliran ke Raudhah. Akhirnya Jamaah haji Laki-laki pulang duluan ke Hotel.

No comments:

Post a Comment

Jamaah Haji Al Manar ke Jabal Magnet

Hari keempat di Madinah, Jamaah Haji KBIH AL Manar mengadakan Tour khusus ke Jabal Magnet, Kebun kurma dan Mushaf Al Qur’an. Program in...