Thursday, November 1, 2012

Tour Masjidil Haram

Pada hari Kamis, 1 November 2012, Pembimbing KBIH Al Manar mengadakan acara tour sekitar masjid haram di Mekah. Kegiatan ini diikuti sekitar 30 jamaah haji al manar. Sebagian jamaah haji tidak bisa mengikuti kegiatan ini karena dalam keadaan sakit.
Tempat-tempat yang dikunjungi oleh jamaah haji Al manar antara lain tempat lahir Nabi Muhammad SAW yang sekarang berubah fungsi menjadi Perpustakan Mekah, Masjid Jin dan Ma'la atau tempat pemakaman umum yang ada di Mekah.
Selain ketiga tempat tersebut, diterangkan juga tempat-tempat yang dulu pernah, tapisekarang sudah diratakan karena terkena pelebaran masjid haram. Antara lain pasar seng atau tempat berbelanjan jamaah haji Indonesia. kemudian masjid kucing sebuah masjid  di ujung pasar seng. istilah pasar seng dan  masjid kucing dimunculkan oleh jamaah haji Indonesia.
Konon istilah pasar seng karena atas pasar itu terbuat dari seng. adapun masjid kucing karena nama masjid itu adalah masji abu Hurairah dan arti hurairah adalah kuncing. wallahua'lam bishawab.

No comments:

Post a Comment

Jamaah Haji Al Manar ke Jabal Magnet

Hari keempat di Madinah, Jamaah Haji KBIH AL Manar mengadakan Tour khusus ke Jabal Magnet, Kebun kurma dan Mushaf Al Qur’an. Program in...