Friday, November 23, 2012

Ziarah Tempat Bersejarah di Madinah


Jamaah Haji KBIH Al Manar mengikuti program ziarah Kota Madinah. Program ini diselenggarakan oleh Muassasah bagi kloter 80. Tempat-tempat ziarah yang dikunjungi ada 4 yaitu Jabal Uhud, Kebun Korma, Masjid Sab’ah, Masjid Qiblatain, dan Masjid Quba. Khusus masjid Sab’ah, Jamaah haji hanya melewati lokasinya saja.

Pada hari Selasa Pagi ba’da shubuh, 20 November 2012, Beberapa Ibu-ibu Jamaah Haji KBIH AL Manar digiring oleh pembimbing menuju bis yang telah disediakan oleh Muassasah. Berdasarkan informasi, Muassasah hanya menyediakan 9 bis dan tidak berdasarkan rombongan. Sedangkan kloter 80 terdiri dari 10 rombongan, rata-rata 45 jamaah di setiap rombongannya.
Kondisi seperti membuat jamaah harus berebutan menaiki bis. Jamaah Haji Al Manar menempati bis 6 sesuai dengan nomor rombongannya. Alhamdulillah semua anggota jamaah haji Al Manar berjumlah 51 orang bisa ditampung dalam 1 bis. Hal ini mempermudah bagi pembimbing memberikan informasi tentang tempat-tempat ziarahnya.
Jabal Uhud, tempat ziarah pertama, para jamaah haji AL Manar bisa menaiki gunung rimayah atau gunung pemanah. Sejaranhnya, gunung tersebut merupakan tempat 50 pemanah Islam yang ditempatkan oleh Rasulullah ketika perang Uhud. Kemenangan yang hampir diperoleh oleh Umat Islam, harus lepas karena para pemanah turun dari bukit. Banyak para shahabat yang meninggal di Uhud termasuk paman Rasulullah Hamzah bin Abu Muthalib.
Selanjutnya, para Jamaah mengunjungi kebun korma. Jamaah haji bisa melihat pohon kurma dan membeli kurma dengan berbagai jenisnya. Kebanyakan jamaah mencari kurma ajwa atau kurma nabi. Sebagian mencari kurma yang dikombinasikan dengan yang lain, seperti kurma dengan coklat atau kurma dengan kacang almon.
Bis melanjutkan perjalannya melalui masjid Sab’ah atau masjid tujuh. Menurut sejarah, pada perang Khandak/parit terdapat 7 pos pejuang Islam. Kemudian dibangun masjid sebagai bukti sejarahnya. Sekarang ini tinggal 5 masjid karena sebagian telah terkena pelebaran jalan Madinah. Para Jamaah Haji Al Manar tidak bisa turun dari bis dan hanya bisa melihat dari dalam bis.
Tempat ketiga yang dikunjungi Jamaah Haji Al Manar adalah ke masjid Qiblatain. Masjid yang memiliki dua kiblat. Menurut sejarah, ketika Rosulullah melaksanakan sholat dhuhur menghadap baitul maqdis, turun ayat yang memerintahkan untuk memindahkan kiblatnya kea rah Kabah. Maka Rosululullah yang sedang melaksanakan rakaat kedua, langsung memutar 1800  dari arah baitul maqdis di Palestina ke arah Kabah di Mekkah. Sekarang ini Mihrab (tempat imam shalat) telah dibongkar dan menjadi pintu masuk jamaah haji yang mau masuk ke masjid.
 Terakhir, Jamaah Haji Al Manar mengunjungi Masjid Quba. Masjid pertama yang dibangun oleh Rosulullah ketika mau hijrah ke kota Madinah. Keutamaan masjid Quba adalah bagi orang bersuci dari rumah kemudian pergi ke Masjid Quba untuk shalat, maka pahalanya seperti Umroh. Dalam salah satu hadits Rosulullah pergi ke masjid Quba setiap hari sabtu, baik naik kendaraan maupun berjalan kaki. Semua jamaah Haji kloter 80 termasuk jamaah haji KBIH Al manar melaksanakan shalat sunat di Masjid Quba agar mendapat pahala Umroh sebagaimana yang dijanjikan Rosulullah.
Semua bis telah kembali ke hotel tempat pada pukul 11.00. Jamaah haji Al Manar langsung beristirahat di kamarnya masing-masing sambil menunggu waktu shalat dhuhur.
Beberapa pelajaran yang bisa diambil dalam tour ini:
1.     Kewajiban mengikuti perintah Rosulullah dan jangan pernah berpaling dari perintahnya demi memperoleh kenikmatan dunia. Seperti yang terjadi pada pasukan pemanah.
2.     Masalah dunia setiap orang bisa berpendapat tapi masalah ibadah harus berdasarkan perintah Allah dan Rosulnya. Seperti perang khandak/parit dimana nabi menerima usulan dari Salman Al Farisi untuk membuat parit. Dan perintah merubah kiblat dari Masjid Aqsa yang Rosulullah sendiri tidak menyukainya, Rosulullah tidak merubahnya kecuali setelah turun perintah dari Allah swt.
Walahu’alam bishshawab

No comments:

Post a Comment

Jamaah Haji Al Manar ke Jabal Magnet

Hari keempat di Madinah, Jamaah Haji KBIH AL Manar mengadakan Tour khusus ke Jabal Magnet, Kebun kurma dan Mushaf Al Qur’an. Program in...