Wednesday, October 5, 2011

Kegiatan Ibadah Haji di Saudi


Pada pelaksanaan Ibadah Haji, KBIH Al Manar selalu memilih pemberangkatan gelombang kedua. Pada tahun 2006 pun, calon jamaah haji KBIH Al Manar mendapat jadwal pemberangkatan gelombang kedua. Dimana calon jamaah haji akan langsung diberangkatkan ke Mekkah melalui Jedah. Sedangkan gelombang pertama, calon jamaah haji diberangkatkan menuju kota Madinah.

Perbedaan mencolok adalah penetapan miqatnya bagi calon haji yang melewati miqat Qarnul manazil. KBIH Al Manar menganjurkan Jamaah hajinya untuk berniat ihram di pesawat, setelah memakai kain ihram di asrama haji Bekasi. Walaupun ada sebagian ulama menetapkan miqatnya itu di Jedah.
Biarkanlah perbedaan tersebut berjalan dengan tetap menjaga silaturahmi. Masing-masing memiliki dalil dan alasan yang jelas. Yang penting semuanya dalam rangka mendapatkan ridlo Allah swt.
Pemondokan Jamaah Haji KBIH al Manar berada di sekita daerah Syib Amir dengan kualitas maktab yang baik. Jarak pemondokan dengan masjid haram tidak terlalu jauh. Para jamaah masih bisa berjalan kaki menuju masjidil haram.
Penetapan kamar berdasarkan kapasitas ruangan cukup teratur dan rapi, sehingga proses pengangkutan koper jamaah haji KBIH AL Manar bisa lebih cepat. Hal ini berpengaruh terhadap persiapan pelaksanaan Umroh. Dimana para jamaah bisa istirahat dulu mengumpulkan tenaga agar bugar kembali setelah mengalami perjalan pesawat yang sangat lama.
Pelaksanaan umroh jamaah Al Manar di malam hari agar cuaca tidak panas dan tidak dipotong oleh shalat wajib. Semua jamaah Al Manar Rancaekek mampu melaksankan semuanya.
Kegiatan menunggu pelaksanaan haji adalah memperbanyak thawaf bagi yang kuat dan istirahat bagi jamaah al Manar yang kondisinya lemah.
Pada tanggal 8 Dzul Hijjah, Jamaah Haji KBIH Al Manar Rancaekek mulai berangkat ke Mina untuk mabit di Mina, sesuai dengan ajuran Rasululllah agar bermabit di Mina pada haris Tarwiyah.
Pada Pagi hari tanggal 9 Dzul Hijjah, bis yang akan mengangkut jamaah haji Al Manar ke Arafah agak tersedat. Sehingga kekhawatiran mulai memuncak kalau siang hari tidak bisa sampai ke Arafah.
Penulis menawarkan dua opsi kepada jamaah haji Al Manar, yaitu mau nunggu bis walaupun ada rasa takut kalau terlambat datang ke Arafah. Opsi kedua, Calon haji KBIH AL Manar mengambil keputusan dengan berjalan kaki menuju Arafah. Ternyata mayoritas memilih untuk berjalan kaki. Diperkirakan sekitar 12 kilo pada jamaah al Manar Rancaekek berjalan kaki.
Ada peristiwa yang harus disyukuri ketika tiba di Padang Arafah. Ternyata semua jamaah haji Indonesia tidak mendapatkan makan sejak kemarin atau hari tarwiyah. Hal ini disebabkan pengiriman catering makanan terlambat. Bagi Jamaah haji Al Manar Rancaekek, rasa lapar tidak dialami karena kemarin telah makan dan minum di Mina.
Cuaca sangat dingin ketika berada di Muzdlalifah. Jamaah Al Manar yang perempuan berada di tengah lingkaran di lindungi bapak-bapak yang tidur mengelilingi jamaah haji perempuan.
Ada peristiwa yang memilukan di muzdlalifah, dimana para jamaah Inonesia yang masih memakai kain ihram berebutan untuk mendapatkan nasi box. Kewajaran menurut penulis bagi mereka karena mereka perut mereka lapar dan tidak mendapatkan akanan sejak kemarin.
Pelaksanaan jumroh dan thawaf ifadah serta penyembelihan hewan qurban cukup lancar dan kerjasama anggota jamaah haji KBIH Al Manar sangat solid, sehingga rintangan dan gangguan bisa teratasi dengan cepat dan penuh kesabaran.
Akhirnya, pelakanaan haji tahun 2006 berjalan sesuai dengan rencana. Tidak dapat dipungkiri bahwa dukungan jamaah haji yang telah melaksankan ibadah haji memiliki porsi yang sangat kuat, terutama dalam memotivasi jamaah-jamaah al Manar yang lainnya.
Rasa syukur dan terima kasih kepada semua jamaah haji Al Manar tahun 2006 yang telah bekerjasama dan kompak mendukung dan membantu pembimbing.agar bebannya menajdi lebih ringan.


No comments:

Post a Comment

Jamaah Haji Al Manar ke Jabal Magnet

Hari keempat di Madinah, Jamaah Haji KBIH AL Manar mengadakan Tour khusus ke Jabal Magnet, Kebun kurma dan Mushaf Al Qur’an. Program in...