Friday, November 23, 2012

THAWAF WADA JAMAAH HAJI AL MANAR

Jamaah Haji KBIH Al Manar dalam pelaksanaan thawaf wada terbagi menjadi dua kelompok. Pembagian ini berdasarkan kemampuan jamaah haji dari segi fisik dan waktu persiapan ke Madinah. Kelompok pertama melaksanakan Thawaf wada pada waktu Dhuha. Kelompok ini diikuti sebagian besar Jamaah haji KBIH AL Manar. Sedangkan kelompok kedua melaksankan thawaf wada bada ashar. Kelompok ini diikuti oleh bapak dan ibu haji yang fisiknya mendukung untuk melaksanakan thawaf dengan cepat dan kembali ke Hotel sebelum Maghrib.
Pada hari sabtu jam 19.30. KBIH Al Manar Rancaekek yang tergabung di Kloter 80 JKS akan berangkat ke Madinah. Ketua Kloter meminta semua Jamaah Haji yang tergabung di Kolter 80 sudah berada di Hotel sebelum maghrib. Kesepakatan ini telah diambil ketika rapat semua ketua rombongan dan Petugas Kloter.
Selain itu, Pelaksanaan Thawaf wada diserahkan kesetiap KBIH atau Jamaah Haji. KBIH Al Manar Rancaekek membagi dua kelompok thawaaf wada yaitu, kelompok dhuha dan kelompok bada ashar. Kelompok bada ashar disyaratkan bagi jamaah haji yang mampu berjalan cepat dan bisa kembali  ke Hotel sebelum Maghrib.
 Jamaah Haji Kloter 80 diangkut dengan menggunakan 10 bis. Jamaah Haji Al Manar termasuk bis 6 dengan tambahan 3 orang jamaah dari rombongan lain. Sedangkan satu regu Jamaah Haji Al Manar bergabung di bis 7.
Semua bis mulai berangkat tepat pukul 19.30 berdasarkan nomor bis. perjalanan Mekkah dan Madinah cukup jauh sekitar 5 sampai 6 jam. Setelah 3 jam perjalanan, semua bis jamaah Haji beristirahat di rumah makan yang terletak di tengah padang pasir. Rata-rata Jamaah Haji AL Manar memanfaatkannya untuk ke kamar mandi. Walaupun komentar jamaah haji bahwa toiletnya sangat kotor.
Setelah 1 jam istirahat, bis melanjutkan perjalanan ke Madinah. Sekitar 20 KM sebelum masuk kota Madinah, ada pemeriksaan Paspor dan penentuan hotel di kota Madinah. Seorang Guide masuk ke Bis 6 untuk mengantar ke hotel yang akan ditempati oleh Kloter 6.
Tepat pukul 03.00, bis sampai ke hotel. Dan termasuk bis paling akhir sampai ke hotel. Alhamdulillah. 

No comments:

Post a Comment

Jamaah Haji Al Manar ke Jabal Magnet

Hari keempat di Madinah, Jamaah Haji KBIH AL Manar mengadakan Tour khusus ke Jabal Magnet, Kebun kurma dan Mushaf Al Qur’an. Program in...