Wednesday, November 14, 2012

Gunung Tsur dan Gua Tsur

Gunung Tsur terletak di seblah selatan kota Mekkah al Mukarramah, masuk dalam wilayah perencanaan Hay Hijrah (wilayah Hijrah) saat ini, 4 Km dari Masjid Haram. Ketinggiannya mencapai 458 m dari kaki gunung dan luasnya mencapai 10 km2.

Nama Tsur tersebut merupakan bentuk penisbatan kepada Tsur Abdu Manat, karena ia tinggal disana. Dalam riwayat lain dikatakan bahwa alasannya adalah karena bentuknya seperti sapi jantan yang dipakai untuk membajak.
Di puncak bukit terdapat Gua Tsur yaitu gua yang dipakai oleh Rasulullah saw. Da Abu Bakar As Siiddiq ra. Untuk bersembunyi selama 3 hari ketika hijrah ke Madinah al Munawwaroh. Gua tersebut memiliki pintu dari depan dan belakang dan luasnya diperkirakan sebesar 2 m2.
Di dalam Al Quran, Allah berfirman
jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu ) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekkah) mengeluarkannya (dari MEkkah) sedang dia salah datu dari dua orang ketika keduanya berada di dalam gua (QS. At Taubah:40)
Diriwayatkan dari Anas ra. Ia berkata “Abu Bakar berkata kepada saya, “saya bersama Rasulullah saw. Di dalam gua, lantas saya melihat jejak kaum musyrikin, saya pun berkata, “wahai raulullah! Jika salah seorang dari mereka memanjat bukit ini niscaya ia kan melihat kita”. Rasulullah saw menjawa, “apa yang kamu kira terhadap dua orang dan Allah sw adalah yang ketiga”.
Hanya saja, belum ada hadits shahih maupun perbuatan sahabat yang menunjukan keutamaan gua tersebut. Tidak disyariatkan untuk menziarahinya, shalat di dalamnya atau berdoa disana, dan tidak ada hubungannya dengan hukum haji maupun umroh.
Maka tidak menjadi kewajiban  bagi jamaah haji untuk menziarahi atau menaiki gua tsur karena tidak ada hubungannya dengan rukun dan wajib haji, dan tidak ada keutamaan apapun dari gunung Tsur tersebut. Gua Tsur hanya sebagai bukti sejarah bahwa di gua tersebut Rasulullah dan Abu Bakar pernah bersembunyi dari kejaran Kafir Quraisy ketika mau melaksanakan Hirjah ke Madinah.

No comments:

Post a Comment

Jamaah Haji Al Manar ke Jabal Magnet

Hari keempat di Madinah, Jamaah Haji KBIH AL Manar mengadakan Tour khusus ke Jabal Magnet, Kebun kurma dan Mushaf Al Qur’an. Program in...